28 Jul 2013

Story-story

It's been a long time I didn't do anything with this blog. How y'all doing? But, me finally back to beautify up my blog. And I have so much story to tell actually but, maybe not in English because I'm still lack of vocabulary. This is bad, very bad. But I've promised to my self that I will learning more, more and more. Now...here's the story :)

Kalian masih inget kan kalo dulu gue pernah ikutin ajang pencarian perguruan tinggi negeri yang disebut SNMPTN? Butuh penantian panjang buat mengetahui hasilnya dan butuh kekuatan mental untuk bisa menerima segala sesuatu yang akan terjadi pada hasilnya nanti. Ajang pencarian kayak gini ini yang gue aja sampe sekarang masih belum nyangka kalo ajang ini bisa bikin jantung berdebar-debar gak karuan begitu mendekati hari pengumuman dan nyawa kayaknya mau lepas aja dari raga ini cuma karna takut buat ngeklik tombol lihat hasil atau apalah itu gue udah lupa. Dan sensasi yang lebih menyesakkan dada lagi itu saat lo tau hasilnya sama sekali gak sesuai sama harapan lo selama ini. Buat ikut SNMPTN itukan kita harus pake nilai rapot dari semester 1-5, lo bayangin...usaha lo selama 5 semester + penantian panjang yang panjangnya sekitar dua bulan untuk tau hasil nya+ lagi sensasi-sensasi yang bener-bener sama sekali gak ngenakin selama penantian itu. Semua itu pada akhirnya dibayar dengan kata-kata MAAF ANDA TIDAK LOLOS. Terus apalagi yang mau lo lakuin? Apa yang bisa lo lakuin saat itu? Gimana sensasinya? Gimana reaksi kedua orang tua lo? Kata-kata kecewa udah cukup banget buat mewakili semuanya. Gue pikir udah deh hidup gue udah abis aja gara-gara kata maaf itu. Dari dua universitas negeri yang gue pilih dan dari empat jurusan yang gue pilih, sama sekali gak ada nama gue nyangkut disitu. Ya mungkin aja data gue kehapus atau terbuang atau bahkan terlupakan karna nilai-nilai gue yang masih bisa dibilang kurang. Makanya pas itu cukup aja sensasi kecewanya cuma sampe setengah jam aja. Ya kita mau apa lagi? Selama ini kita udah berusaha, kita udah berdoa, dan kita juga udah tawakal kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Terus, Yong, lo nangis gak?
Gue? Nangis? Ini hebat dan kuat nya gue. Gue enggak nangis sama sekali. Cuma muka dongok aja yang kayaknya gue tampakin. Muka melas saat gue liat temen-temen gue udah pada apdet status 'ALHAMDULILLAH blablabla Universitas blablabla. :")'. Ya gini lah ya hidup. terkadang apa yang lo mau itu gak sejalan atau gak setakdir sama realita sama kenyataan. Kadang kita harus lapang menerima segala sesuatu yang sudah ditetapkan sama Tuhan. Mau protes? kalo udah tangan Tuhan yang garisin semuanya ya mau gimana lagi? Ujung-ujungnya juga lo bakalan dapet kata-kata SABAR YA atau TETEP SEMANGAT YA atau GUE YAKIN KOK LO PASTI BISA dll. Awalnya semua kata-kata itu gue anggep BASI. Tapi pada akhirnya gue merenungi segala sesuatunya. Gue inget-inget lagi gimana ekspresi kedua orang tua gue waktu gue dinyatakan gak lolos. Gue tau banget mereka kecewa. Tapi menurut pengkajian gue secara logika...kalo misalnya gue gak lolos di snmptn terus gue udah nih sampe sini aja? udah nih gue nyerah gitu aja? Sedangkan orang lain yang seumuran gue diluar sana yang nasibnya sama kayak gue aja masih tetep semangat dan mencoba lupain semua yang udah terjadi dibelakang sana. Gue mikir juga kenapa gue bisa gak nangis waktu tau kalo gue gak lolos? temen-temen gue pada nangis dan sedih bahkan ada yang mau langsung dinikahin aja. Wait! gue gak segampangan itu. Ternyata gue beralasan kalo yaaa, ini semua tuh kayak antara orang-orang yang beruntung sama yang enggak. Ada juga yang karna emang dia bener-bener pinter dari awal SMA sehingga nilai-nilainya bisa tembus. Mungkin Tuhan masih pengen gue berjuang yang lebih sungguh-sungguh. Gue pun pasang tameng dan pasang iket kepala. Gue selalu bilang ini belom akhir, ini adalah awal dari perjuangan sesungguhnya. Waktu di kalender udah menunjukkan kurang dari 19hari lagi untuk SBMPTN. Semacam ujian tulis nya SNMPTN. Padahal gue udah ngebayangin kalo soal-soal sbmptn itu gak manusiawi dan gak hewani bahkan gak nabati. Tapi begitu berjalannya waktu gue terus belajar, makin semangat masuk les, makin semangat belajar sampe tengah malem, makin rajin ngetwit yang sok motivasi gitu padahal si sebenernya juga muak sama soal-soal, dan makin deket sama sang pencipta serta makin nurut sama orang tua supaya ridho orang tua turun buat kita. Karena katanya ridho Allah itu ya ridho nya orang tua. Gue beruntung punya nyokap yang kayak nyokap gue. Walaupun dia lebih sayang ke adek gue dan kadang dia suka gak mau mengakui segala usaha ggue selama ini dan dia pernah bilang gue ini anak durhaka. Gue gatau itu becanda apa enggak tapi gue langsung nangis dan gue gak terima sama semua itu. Ya apa? Selama ini gue kalo dimarahin sama nyokap gue, gue gapernah jawab sekata pun. Gue selalu diem. Ya mungkin sih emang gue kalo disuruh kadang suka ogah-ogah. Abis doi nyuruhnya disaat yang gak tepat. Yudah apapun itu gue tetep bersyukur, mungkin itu teguran Tuhan buat gue. Gue selalu diingetin sama nyokap kalo gue ini udah gede udah 17 tahun gue harus lebih ramah didepan orang banyak, harus supel sama siapa aja, harus mau kalo disuruh-suruh orang tua, gaboleh lagi yang namanya ngebantah-bantah dan gaboleh sering-sering ngambek kalo apa yang kita mau belum bisa diturutin. Yap setiap doi ngomong gitu, jadilah gue anak yang bener-bener kayak apa yang dia bilang. Sebisa mungkin gue lakuin apa yang dia nasehatin. Dan gak lupa juga ibadah. Yang selama ini sering dilupakan sam anak-anak abg macem gue. Pantes aja gue ga dikasih kesempatan dipegangi amanah buat jd mahasiswa ptn yang gue mau sama Allah, orang gue aja males-males ibadahnya, eh maunya minta yang macem-macem.

Terus gimana lo survive dikeadaan kayak gitu?
Gue merasa lebih hidup saat banyak orang disekeliling gue yang ada buat gue dan terus nyemangatin gue dari belakang. Gue merasa gue gabakalan kembali jatoh di lubang yang sama. Saat gue punya bokap yang hebat. Bokap yang gapernah marah sama gue, bokap yang gapernah marah-marah sama gue, bokap yang kelihatannya diem dan gatau apa-apa tentang gue tapi ternyata dia peduli. Dia yang selalu nyuruh nyokap gue sms-in atau telfon gue kalo gue pulang malem. Bokap gue yang bela-belain nunda jam tidurnya kalo gue pulang malem demi nungguin gue. Bokap yang gapernah ngeluh dalam hal apapun. Bokap yang selalu nurutin apa aja yang gue mau. Bokap yang selalu support dan selalu yakin sama gue kalo gue pasti bisa dapetin PTN yang gue mau. Masih banyak lagi tentang bokap gue yang harus orang lain tau kehebatannya. Dan terutama dia rajin sekali ibadah sholat nya. Ada lagi temen-temen gue, walaupun bisa dibilang gue cuma punya sedikit temen. Itu juga mereka gak terlalu care sama gue, mereka punya kesibukan nya masing-masing, mereka punya kelompoknya masing-masing yang lebih penting. Ada segelintir yang suka kasih support+doa. Tapi gue gapernah ngerasa sepi, gue punya Andra yang selalu mau dengerin keluh kesah gue, yang selalu bisa nenangin gue kalo gue lagi down. Orang yang selalu bisa bikin semangat gue bangkit lagi. Meskipun kadang dia suka bikin gue cemburu sama bete. Tapi cuma dia temen hidup gue yang bener-bener sepaket. Dia bikin gue seneng, dia bikin gue nangis dia bikin gue bisa survive dikeadaan terpuruk sekalipun.

Terus gimana kelanjutannya, yong?
Besok lagi ya, diongnya udah ngantuk :)

Well, I'm back guys. Alhamdulillah ada waktu lagi buat lanjutin cerita kemaren yaaaah. Ok, here's the story :)
Wait! Hari ini gue baru aja dapet teguran kecil dari Tuhan, walaupun tegurannya nyakitin tapi gue yakin apapun itu, itu adalah cara Tuhan yang paling baik buat mendewasakan umat Nya.

Kelanjutan yang kemaren adalah....
Ceritain dong, yong gimana suka duka lo belajar lagi buat ikutan SBMPTN..

Oke, suka duka ya? Banyaaaak banget. Banyak banget duka nya sih. Eit tapi duka nya itu gangguan-gangguan dari luar diri gue sendiri. Banyak hal yang kadang menghambat diri gue buat belajar. Rasa males. Ya walaupun timbulnya dari diri sendiri tapikan didukung juga sama hal lain. Contoh... malem-malem, enaknya sih bobo-boboan cantik dikasur sambil main hape dan ngetwit dan dengerin lagu. Tapi lo gabisa lakuin itu karna lo punya sesuatu yang masih perlu lo kejar. Dan melawan yang kayak gitu itu yang susah. Kadang juga godaan terberat adalah kebiasaan menunda-nunda suatu pekerjaan. Nunda-nunda waktu belajarlah, apalah. Tapi suka nya sih  yaaa seneng aja bisa jadi pejuang SBMPTN sessungguhnya, suka nya lagi banyak yang support dan itung-itung nambah pengetahuan lagi :)

Terus ceritain dong pengalaman waktu lagi ujian SBMPTN nya...

Yap, asal kalian tahu ya temen-temen... gue dapet lokasi ujian di daerah yang menurut gue (menurut anak kalibata) itu asing dan belom pernah nyentuh tanah daerah sana. Ciracas, Jak-Tim. Kata temen-temen gue bagian timur sih deket. Yaiyalah secara kan mereka sekolahnya di daerah sana dan udah terbiasa. Sedangkan gue? Lihat di peta aja belom pernah. Sebenernya ini berlebihan sih hahaha-_- (cont)