29 Jul 2013

story-story 2

...(cont) Tapi gue beruntung ada bokap gue yang siap anterin gue buat ujian disana. Siap juga nungguin gue sampe selesai. Sedangkan nyokap gue dirumah, setiap pagi dia jadi sibuk nyiapin sarapan buat gue, katanya supaya gue konsen ngerjainnya. See? Mereka adalah supporter terbesar gue :').
Indahnya, waktu dalam perjalanan menuju lokasi ujian gue gaberhenti sebut nama Allah dan Nabi Muhammad saw, sampe gak sadar kalo mata ini udah netesin air mata. Terharu banget sebenernya sama upaya-upaya yang kedua orang tua gue lakuin buat gue. Gue saat itu bertekad bulat ga akan kecewain mereka lagi. Gue harus lakuin yang terbaik.
Tapi kadang semua gak sesuai sama apa yang kita harapkan. Kalian tau gimana susahnya soal SBMPTN tahun ini? Mau tau? Soal-soal yang luar biasa menyita banyak waktu dan jauuuuuh lebih susah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sempet kecewa sama sistem nya tahun ini. Tapi gue juga sambil intropeksi diri, mungkin aja gue yang kurang konsen, gerogi dan bahkan masih kurang persiapan nya. Wajah-wajah pesaing yang ada di ruangan gue ujian itu abu-abu semua. Gue gatau ya ljk mereka penuh begitu karna mereka bisa atau mereka ngasal-ngasal. Well, gak ada yang tahu dan sedihnya muka mereka sama sekali gak bisa ketebak :"(. Gue ngerasa gagal di hari pertama ujian. Gue gak melakukannya dengan maksimal. Gue kurang banget di manajemen waktu. Sebetulnya bisa aja ngisi banyak kalo waktunya cukup. Dan lagi-lagi target/rencana jumlah nomor tiap mapel yang akan dikerjain juga cuma jadi plongoan aja tuh dirumah. Gak, gak, gak... semua gak semudah yang kita bayangkan. Aapapun itu bokap gue selalu bilang lupain aja yang udah terjadi, fokus aja untuk hari berikutnya. Emang segitu ketebak nya ya muka gue?-_-.
Begitu juga dengan hari kedua ujian. Lagi-lagi soalnya bikin mules. Dan akhirnya gue pun pasrah dan serahkan semua sama yg kuasa. Apapun hasilnya, itu yang terbaik.

Terus gimana yong sama hasil SBMPTN nya?
Harus banget ya dijawab? Okedeh...to the point aja lah ya. Lagi-lagi gue belum beruntung dan masih dapet kata MAAF, temen-temen :") Kecewa pasti. Apalagi orang tua gue. Dan apalagi kalo flash back inget semua pengorbanan bokap nyokap gue selama ini. Udah deh disitu nyokap gue mulai goyah keyakinannya ke gue. Tinggal bokap gue doang yang masih kekeuh yakin gue bakalan dapet PTN.
Lagi-lagi gue gak nangis. Padahal banyak temen-temen gue yang diterima di PTN lewat jalur SBMPTN. Seneng bisa liat mereka lolos dan terbayar sudah segala penantiannya. Mereka juga temen-temen seperjuangan gue :') Tapi malem nya...banyak banget dukungan dan doa-doa betabur di bbm. Semua itu bikin gue lemah. Bikin gue nangis pada akhirnya. Sedih banget sekaligus terharu. Sedih karna masih belom juga tercapai apa yang kita inginkan. Terharu karna masih banyak sahabat lama yang mau tetep support dan yakin kalo gue bisa. Akhirnya gue kembali kuat. Gue gaboleh banget berlarut-larut. Lagi pula seminggu setelah ikut ujian SBMPTN gue ikuta ujian SIMAK UI. Yang katanya sih tingkatan soalnya lebih susah daripada SBMPTN. Sebenernya bukan mau takabur atau gimana tapi emang sih yang gue rasain saat ngerjain simak itu lebih luwes aja ngerjainnya. Soalnya lebih mudah dipahami dan alhamdulillah lumayan lah bisa keisi banyak. Kegagalan gue di SBMPTN membuat gue semakin yakin kalo gue bisa tembus di SIMAK UI. Gue juga udah ikutan tes di poltekkes waktu itu, dan alhamdulillah lolos.

Lolos poltekkes? Seneng dong, yong bisa lolos dan dapet cadangan?
Sebenernya gak terlalu seneng juga sih. Cuma ngerasa lega juga masih punya cadangan di negri. Dan yang seneng banget itu sebenernya nyokap gue. Gimana ya, lo gak minat disitu tapi nyokap lo selalu ngomong bla-bla-bla tentang poltekkes. Dia kayak yakin aja gue gabakalan lolos SIMAK UI. Sempet kesel banget sama nyokap gue. Cuma gue gamau ambil pusing. Ya kita liat aja hasilnya nanti. Gue ga berhenti berharap dan berdoa semoga gue bisa jadi bagian dari Mahasiswi Universitas Indonesia. Yap. Gue belajar meyakinkan diri gue sendiri. Ya masa orang lain aja yakin masa kita sendiri enggak yakan?

Sehari menjelang pengumuman gue dibikin bete sebete bete nya sama nyokap gue. Heran kenapa ambisi banget kalo di poltekkes juga bagus. Iyasih bagus tapi hati gue gak kesana. Apapun yang dia omongin soal poltekkes ya gue cuma bisa diem aja. Bokap gue sadar betul kalo muka gue gak bisa bohong. Gue gasuka nyokap gue kayak udah ngerelain gue gak dapet apa yang gue mau.

Terus hasil SIMAK nya gimana?
HASILNYAAAA? jadi gini tanggal 19 jam sahur, gue bener-bener nanggepin tanggal itu dengan biasa aja. Gue gamau terlalu banyak berharap supaya kalo gagal gak sakit. Tapi gue yakin sama apa yang udah gue usahain. Gk degdegan sama sekali juga. Berusaha tenang dan bener-bener harus tenang sih. Kemudian gue pasang alarm jam 8 pagi. Karna pengumumannya jatoh pada jam segitu. Sebenernya kalo mau lebih cepet sih bisa lihat di koran. Well bokap gue udah nyari koran pagi-pagi sehabis doi subuhan. Gak nemu juga koran republika nya. Yaudah berarti emang harus sabar sampe jam 8. Tidur deh gue sampe jam 8 bangun.
Pas bangun gue kaget dengan notif-notif bbm dan twitter. Pas dibukain satu-satu, ternya ada 2 temen gue yang ngabarin kalo nomor ujian gue ada di koran republika. Artinya gue lolos. Dengan muka yang masih sleepy face dan nyawa belom bener-bener ngumpul badan jadi gemeteran gak karuan degdegan. Karna penasaran gue langsung aja cari-cari dimana kartu ujian gue buat liat hasilnya. Sialnya lama banget buat nemuin tuh kartu. Gue tau banget bokap gue juga ikut gemeter. Dan waktu gue nemuin kartunya, dengan tangan gemeter jantung jadar jedor gue memberanikan  diri masukin nomor gue di website pengumuman. Apa yg gue lihat? AKHIRNYA GUE LIHAT KATA S-E-L-A-M-A-T! Setengah percaya setengah enggak gue langsung sujud syukur. Bokap Nyokap gue gaberenti nyiumin sama melukin gue. Haaaaah akhirnya gue ngerasain juga sensasinya jadi anak-anak yang bisa lolos :'D. Allah jawab semua kerja keras dan doa-doa gue selama ini. Gue seneng banget dan seneng banget lah bersyukur banget. Ternyata semua itu ga ada yang sia-sia selama kita mau bersungguh-sungguh dan berdoa. Gue banyak banget belajar dari setiap kegagalan yang gue alamin selama ini. Akhirnya gue bisa liat kedua orang tua gue nangis bahagia. Terimakasih ALLAH atas segala nikmatMu :)

Tapi menurut gue ini bukanlah puncak kesuksesan yang sesungguhnya. Ini adalah awal dimana gue akan berkompetisi dengan ruang lingkup yang lebih luas lagi. Gue gak akan puas sampe disini. Banyak target-target baru yang masih haru diperjuangkan disana. Ini semua baru langkah awal. Dan gue yakin gue bisa kejar target-target gue. Apapun bisa jadi mungkin kalo kita yakin, kalo kita mau bersungguh-sungguh, kalo kita punya niat dan tekad yang bulat, kalo kita mau terus deket sama sang pencipta. Semua akan terasa indah pada waktunya.

Jadi buat orang-orang diluar sana yang komentar ini itu tentang gue, kenali dulu gue ini siapa dan gimana. Ada cerita apa aja yang gue punya. Kalian gabisa seenaknya ngejudge orang tanpa tau apa-apa.
Semoga story-story ini bisa bermanfaat. AAMIIN o:)